Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Belajar Geogebra melalui ETT P4TK Matematika untuk Sendimat ke 7 tahun 2019

Menumpuk tidak boleh asal. (Foto: Pexels)
Saya adalah seorang guru SD Negeri Borobudur 1 yang beberapa waktu mengirim makalah hasil penelitian matematika pada kegiatan Sendimat 6. Namun makalah tersebut tidak lolos setelah diseleksi oleh reviewer. Akhirnya saya melakukan refleksi dan memeriksa ulang metode pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini. Saya perbandingkan dengan judul makalah lain yang lolos  disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan media pembelajaran yang saya gunakan sangatlah kuno.

Metode dan media pembelajaran yang saya gunakan dalam penelitian sebelumnya selain kuno, juga kurang sesuai dengan pembelajaran matematika. pembelajaran matematika memiliki kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan pembelajaran yang lain oleh karenanya dibutuhkan sebuah metode atau media pembelajaran khusus. Akan tetapi karena kekurangan literatur, saya sulit menemukan media dan metode pembelajaran matematika yang modern dan sesuai dengan perkembangan peserta didik di abad ke-21.

Saya bersyukur sekali P4TK matematika akan menyelenggarakan Diklat online E-Training Terstruktur (ETT). Diklat ETT memiliki struktur program yang  sesuai dengan kebutuhan saya. Saya sangat membutuhkan pengetahuan tentang pemanfaatan internet untuk pembelajaran matematika dan geogebra.


SD Negeri Borobudur 1 berpotensi untuk memanfaatkan internet sebagai bagian dari pembelajaran matematika. Seluruh area di SD Negeri Borobudur 1 telah tercover jaringan internet indihome dengan kecepatan 20 mbps. Peserta didik pun kebanyakan telah memiliki gawai yang tersambung ke jaringan internet. Potensi ini yang harus dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan belajar mengajar.

Saya juga baru mengetahui adanya aplikasi geogebra setelah membaca struktur program kegiatan ini. Melalui kegiatan literasi digital, ditemukan bahwa geogebra adalah aplikasi open source yang didesain khusus untuk materi pengajaran dan belajar geometri dan aljabar. Aplikasi geogebra ini dapat digunakan untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Saya akan melakukan beberapa hal setelah mengikuti kegiatan ETT ini, yaitu:
1. Menerapkan pembelajaran matematika berbasis internet
2. Melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan aplikasi geogebra
3. Mengirimkan artikel hasil penelitian tindakan kelas geografi ke perhelatan sendimat ke-7 di tahun 2019 nanti

Sehingga besar harapan saya bisa lolos menjadi peserta kegiatan ini. Karena saya sangat membutuhkan materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ETT P4TK Matematika 2018. Terutama fokus materi tentang pemanfaatan internet untuk pembelajaran matematika dan penggunaan aplikasi geogebra.

Nb: Ini adalah sebuah tulisan yang sebenarnya dibuat untuk seleksi Diklat Online ETT P4TK Matematika. Diklat tersebut sebenarnya diperuntukkan bagi guru Matematika SMK. Karena kurang teliti dalam membaca pengumuman, saya terlanjur mengirimkan tulisan ini. Hasil akhir diserahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Comments

Baca Juga