Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pengalaman Berhenti Berlangganan Useetv

TV (Pexels)
Saya adalah seorang pelanggan indihome yang berlangganan paket dual play. Paket dual play yang saya nikmati adalah internet dan usee tv. Rata-rata biaya yang saya keluarkan setiap bulannya sebesar Rp 350.000. Harga ini berbeda tergantung pemakaian tambahan dan tempat pembayaran. Kalau membayar di plasa telkom ada biaya jasa Rp 2.000 rupiah. Sedangkan di toko retail modern biaya jasanya sebesar Rp 2.500.

Melalui tulisan ini saya ingin menceritakan prosedur penghentian layanan usee tv dan hanya akan menggunakan fasilitas internet saja. Saya menghentikan layanan useetv karena anak saya ketagihan melihat youtube melalui perangkat useetv. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena ia baru berusia 21 bulan.


Langkah-langkah menghentikan langganan useetv yang saya lakukan:
1. Menghubungi 147 melalui perangkat telepon
2. Sebutkan nama pelanggan, alamat pelanggan, nomor internet indihome dan nomor HP yang bisa dihubungu
3. Berikan penjelasan yang logis mengapa menghentikan layanan useetv
4. Catat nomor laporan aduan yang disebutkan oleh customer service
5. Dalam waktu 3 x 24 jam kita akan dihubungi pihak plasa telkom sesuai daerah tempat kita tinggal.
6. Petugas plasa Telkom setempat akan menghubungi dan meminta kita mengembalikan perangkat useetv ke kantor plasa Telkom secara langsung.
7. Antar perangkat useetv ke kantor plasa secara langsung
8. Petugas akan menghentikan status langganan seketika kita mengembalikan perangkat useetv.

Menurut saya, prosedur di atas memiliki kekurangan, yaitu harus dikembalikannya perangkat useetv secara langsung ke plasa Telkom sangat merepotkan pelanggan yang bekerja dari pagi sampai malam. Saya ketika dihubungi melalui telepon oleh plasa Telkom setempat mengatakan bahwa perangkat useetv akan saya titipkan security/ satpam plasa Telkom ketika di luar jam kerja.


Namun petugas plasa telkom setempat yang menelpon saya ketika mengkonfirmasi penghentian useetv bersikeras agar saya mengantarkan sendiri secara langsung. Petugas ini mengatakan kalau dititipkan satpam tidak bisa. Karena takut hilang. Yah, jadinya repot, bukankah satpam itu juga pengaman aset Telkom? Kalau iya, useetv yang saya titipkan pasti akan ia lindungi.

Saran saya, telkom juga menerima pengembalian ini dengan beberapa alternatif cara. Jangan hanya mengandalkan penerimaan langsung karena akan merepotkan pelanggan yang bekerja full day. Buka juga alternatif pengembalian perangkat menggunakan "go-send", jasa titipan kilat/ pos atau satpam diberi tugas tambahan untuk menerima pengembalian perangkat useetv. Jaman sudah maju, efisienkan pekerjaan, dan permudah prosedur! Terima kasih Telkom.

Borobudur, 22 Oktober 2018

Saya telah mendapatkan konfirmasi jawaban dari telkom pusat melalui fanpage facebook telkom. Dikatakan bahwa pengambilan perangkat useetv (MTB) dapat diantar langsung ke plasa telkom atau diambil oleh petugas di rumah pelanggan.

Comments

  1. Sejak tdk berlangganan useetv lagi, apakah biaya langganan indihome perbulannya berkurang? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, pak.. tagihan untuk bulan depan lgsg brkurang

      Delete
    2. berkurangnya dari berapa ke berapa Pak Huda?
      kalau saya sekarang kena tagihan 399 rb, rencana mau berhenti usee tv juga

      Delete
  2. Mas saya baru sebulan pasang indihome ,saya juga pasang yang dual play. Nahh selama pemasangan ini saya jarang banget liat TV, kirakira bisa nggak mas layanan TV indihomenya diputus. Saya takut ga bisa karna baru sebulan pemasangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, pengalaman saya, silahkan ke plaza telkom terdekat. Bawa "kotakan hitam" indihome itu --jangan lupa colokan adaptor mirip charger-- itu juga dibawa. Bilang kalau mau berhenti usee tv karena jarang dilihat.

      Delete
  3. Mau tanya mas, lebih ideal melakukaan penonaktif an u see TV pada akhir bulan apa awal bulan mas? soalnya untuk bulan ini sudah saya bayar. Takutnya apabila saya melakukan penonakifkan awal bulan, U see TV langsung non aktif dan mubazir saya bayar bulan ini. Mungkin ada saran?

    ReplyDelete

Post a Comment

Baca Juga