Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Setelah Try Out UKMPPG

Ilustrasi Tempat Try Out UKMPPG (Pexels)
Tidak terasa tahapan PPG sudah mendekati titik akhir. Salah satu rangkaian kegiatan PPG yang dilaksanakan berbagai LPTK penyelenggara PPG beberapa hari ini adalah Try Out UKMPPG (Uji Kompetensi Mahasiswa PPG). Tulisan ini berisi pengalaman mengikuti UKM PPG, perbandingan Try Out UKMPPG  dan Uji Pengetahuan UKMPPG (UP UKMPPG), dan proyeksi rencana untuk mensukseskan UP UKMPPG yang akan dilaksanakan minggu depan.


Sekilas Tentang Try Out UKMPPG
Prodi PPG Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Try Out UKMPPG pada hari Ahad, 28 Oktober 2018. Try Out PPG dilaksanakan di kampus 3 UAD dengan memanfaatkan tiga ruang laboratorium komputer. Try out yang diikuti semua peserta PPG Dalam Jabatan UAD berjalan lancar.

Try Out UKMPPG menggunakan sistem CBT (Computer Based Test). Software tes online ini bernama TRITIUM. Tritium dikembangkan oleh BPTIK Universitas Negeri Semarang. Pada try out ini skor tidak langsung muncul ketika selesai mengerjaan soal.

Try Out UKMPPG PGSD terdiri dari 73 soal. Semua soal harus dikerjakan dalam waktu dua jam. Muatan pelajaran pada try out ini terdiri dari materi pedagogik, PPKn, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS.


Perbedaan dengan UP
Dari beberapa data yang diperoleh penulis dari teman yang mengikuti UP UKMPPG tahap 1 ditemukan adanya persamaan dan perbedaan antara tryout dan UP. Dari segi jumlah soal, UP lebih banyak karena total butir soal ada 104 buah. Materi yang diujikan di UP ada tambahan berupa materi kepribadian. Dimana kisi-kisi materi kepribadian ada pada kisi-kisi yang diunduh dari laman ppg Kemristek Dikti.

Persamaan try out dengan UP terletak pada konsep materi dalam soal. Kedua soal baik try out atau UP sesuai dengan kisi-kisi yang ada. Hanya dibolak-balik saja. Misalnya sekarang keluar destilasi, besok keluar filtrasi.


Lalu apa yang harus dilakukan?
Uji pengetahuan PPG terhitung dari try out menyisakan waktu satu minggu. Sehingga mau tidak mau UP PPG harus dipersiapkan seefektif dan seefisien mungkin. Strategi belajar mandiri pun harus dibuat sebaik-baiknya.

Saran saya, seminggu ini belajar mandiri menggunakan pendekatan behavioristik dan metode drill. Pengaplikasiannya dengan melakukan latihan soal terus-menerus. Latihan soal yang direkomendasikan adalah latihan soal yang ada di Brightspace.

Sumber terpercaya dari peserta PPG Dalam Jabatan Tahap 1 mengatakan kalau soal UP banyak yang mirip dengan soal yang ada di Brightspace. Selanjutnya  pahami soal-soal yang ada di Brightspace dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi, katanya secara konseptual soal dalam UP hanya dibolak-balik saja.

Terakhir, jangan terkecoh dengan terlalu fokus pada workshop sehingga melupakan UP. Penyelesaian tugas lokakarya berupa pembuatan perangkat pembelajaran itu penting. Namun menyeimbangkannya dengan belajar materi UP sangatlah penting. Solusinya, sebisa mungkin tugas lokakarya diselesaikan lebih awal agar bisa belajar UP, lebih cepat lebih baik.

Semoga kita semua lulus PPG Dalam Jabatan, Aamin Ya Allah.

Borobudur, 28 Oktober 2018
Infografis Kiat Lulus Uji Pengetahuan PPG Dalam Jabatan

Comments

  1. trims mas atas infonya...ini kami sedang lokarya angkatan 1 2019. maaf punya referensi soal2 UP bahasa Inggris?

    ReplyDelete

Post a Comment

Baca Juga