Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Membuat Desain Menggunakan HP Smartphone dengan Mudah

[[Ket.gambar dari kiri ke kanan: tampilan corel draw, tampilan Canva]]

Malam tadi selepas diskusi singkat di rumah Mas Yus, Kepala SMA Muhammadiyah Borobudur tercetus ide untuk membuat "cara" agar bisa tercipta desain infografis dengan cepat, terstandar dan beresolusi tinggi.

Kebutuhan akan kecepatan pembuayan desain bisa difasilitasi dengan smartphone. Dimana pembuatan menggunakan smartphone tidak memerlukan tempat dan waktu seperti membuat desain menggunakan Corel Draw pada perangkat komputer.

Standarisasi desain infografis juga merupakan hal yang penting. Mengingat ada aturan cukup ketat tentang proporsi dan konten infografis LazisMu yang telah diatur oleh LazisMu Pusat. Manfaat infografis yang telah terstandarisasi lebih pada faktor psikologis. Yaitu orang akan lebih mudah mengingat apabila desain dibuat dengan prinsip dan ciri tertentu.

Sedangkan resolusi tinggi lebih pada "enak" atau tidaknya infografis dinikmati melalui layar digital. Semakin kecil resolusi maka desain semakin tidak jelas. Implikasinya adalah tidak enak dipandang. Berbeda dengan gambar yang beresolusi tinggi dimana gambar yang dihasilkan menjadi lebih tajam, detail dan enak dipandang.

Ketiga kebutuhan itu akhirnya saya aplikasikan menggunakan software Corel Draw X7 dan layanan desain gratis berbasis online, Canva.

Penggunaan Corel cukup dilakukan sekali ketika membuat template dengan format .png. Sedangkan Canva digunakan untuk mempermudah desain infografis menggunakan HP Smartphone.

Pengen sebenarnya sharing apa yang telah saya buat ini ke teman-teman staf LazisMu Borobudur atau pihak lain yang membutuhkan. Hehehe, soalnya pembuatan infografis jadi mudah. Logika saya semakin banyak yang pegang akun sosial media LazisMu Borobudur, tentu akun Instagram @lazismuborobudur lebih sering menyapa Jamaah sekalian.

Comments

Baca Juga