Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Apakah Bisnis Harus Langsung dengan Investasi yang Besar?

Tidak! Para ahli ekonomi tidak menyarankan berinvestasi terlalu besar ketika memulai bisnis. Lebih baik laksanakan rencana bisnis yang dibuat pada kurun waktu tertentu. Hal ini untuk menghindari kerugian yang terlampau besar.

Kesalahan terbesar pebisnis pemula adalah membeli peralatan terlalu banyak dan mahal. Pembelian peralatan tentu menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Padahal peralatan yang sudah dibeli belum tentu bisa diganti menggunakan keuntungan yang belum tentu juga bisa diperoleh.

Contohnya seperti seseorang yang sedang memulai hobi baru. Ia membeli banyak peralatan untuk hobi barunya. Namun setelah lima bulan, kebosanan melanda hobi barunya ini. Kerugiannya jelas, peralatan yang mahal banyak yang tidak terpakai.

Saran yang paling bijak adalah tidak berinvestasi terlalu banyak pada peralatan. Pebisnis pemula disarankan untuk fokus pada terlaksananya rencana bisnis di tahun pertama bisnisnya berjalan. Eksperimen dan pembuktian pada rencana bisnis yang meliputi bagaimana cara mencari pelanggan melalui iklan, pengaturan modal keuangan, mempelajari arus kas, memantau pemasukan dan pengeluaran tentu lebih penting daripada investasi yang terlalu besar pada pengadaan peralatan.

Comments

Baca Juga