Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Yang Perlu Diketahui tentang Kahoot

Dalam website resmi Kahoot, dikatakan Kahoot adalah "create a fun learning game in minutes." Oleh karenanya, Kahoot adalah platform game belajar yang menyenangkan dalam hitungan menit. Kahoot dapat memuat video, gambar, dan diagram ke pertanyaan yang dibuat. Format pertanyaan yang dibuat oleh guru dapat disesuaikan bentuk dan jumlah pertanyaannya.

Kahoot paling baik dimainkan secara bersama-sama. Kahoot mengharuskan salah satu pemain menjadi "host." Bila Kahoot digunakan dalam pembelajaran, maka guru berperan sebagai "host." Guru yang berperan sebagai "host" diharuskan untuk membuat pertanyaan dalam Kahoot.
Selain itu, guru juga membutuhkan layar lebar untuk menampilkan pertanyaan dan PIN. PIN adalah kode unik yang digunakan siswa untuk masuk ke kahoot dan dapat menjawab pertanyaan. Selain layar lebar, pengeras suara yang tersambung ke laptop atau device milik host juga perlu disediakan. Pengeras suara ini yang memutar musik dan menjadikan permainan tambah asik.

Point yang diperoleh siswa setelah bermain Kahoot dapat dibagikan melalui media sosial. Peringkat perolehan point pun dapat langsung diperlihatkan di layar lebar. Semua pemain dapat melihat perolehan skor.

Istimewanya, guru selaku host dapat mendownload hasil pengerjaan Kahoot secara lengkap. Hasil yang di download berupa file dengan format microsoft excel. Dalam file ini dapat dianalisis jawaban tiap butir pertanyaan dan skor yang diperoleh.

Comments

Baca Juga