Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pengelolaan serta Pemeliharaan Gedung dan Peralatan Sekolah

SDN Borobudur 1 memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Bangunan SDN Borobudur 1 terdiri dari tiga deret gedung/ bangunan utama. Ketiga bangunan tersebut terbagi menjadi ruang-ruang kelas dan ruang sarana dan prasarana yang lain.

Gedung dan bangunan tidak bisa hanya digunakan saja. Akan tetapi juga membutuhkan perawatan. Perawatan diperlukan agar masa pemakaian gedung bisa lebih lama dan awet.

Pemeliharaan gedung harus dilakukan dengan penanganan yang tepat. Ada pemeriksanaan yang berkala. Terutama menyangkut keamanan dan kenyamanan gedung yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Ada beberapa pilihan dalam pengelolaan dan pemeliharaan gedung serta peralatan sekolah yang efektif. Berikut kami kutip secara lengkap dari anginsepoi(dot)wordpress(dot)com:
1. Outsourcing (menyerahkan secara total kepada pihak ketiga dengan perjanjian kontrak)
2. Merekrut tenaga tetap yang memiliki keahlian sebagai manajer atau koordinator pengelolaan gedung dan peralatan. Tentu akan didukung oleh tenaga kerja dalam jumlah yangcukup dan memiliki keterampilan sebagai pelaksana.
3. Menunjuk salah seorang guru sebagai waka sarana / prasarana dengan sebuah konsekuensi guru yangbersangkutan diberikan jam mengajar yang minim (agar punya waktu), diikutkan pelatihan manejemen pengelolaan dan pemeliharaan aset, serta didukung tenaga kerja lapangan yang cukup dan punya keahlian.

Berdasarkan pilihan di atas, SDN Borobudur 1 menggunakan teknik merekrut tenaga yang ahli di bidang pemeliharaan gedung dan peralatan. Tenaga ini mencakup sebagai tenaga kebersihan. Rekruitmennya dilakukan oleh komite sekolah.

Namun dalam rangka pemeliharaan gedung, SDN Borobudur 1 juga melibatkan siswa. Siswa dilibatkan dalam bentuk regu piket harian, lomba kebersihan kelas setiap enam bulan sekali dan memberikan kebebasan kepada siswa dan paguyuban wali murid untuk mengatur tampilan kelasnya.

Ringkasnya, SDN Borobudur 1 telah melakukan kegiatan pemeliharaan gedung dan peralatan. Gedung-gedung telah dijamin keamanannya dan layak pakai. Peralatan pun sudah sangat mencukupi bila digunakan untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Comments

Baca Juga