Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Diri ini Harus Memiliki Tujuan Agar Tidak Terjebak pada Tujuan Orang Lain

Otak cenderung mengikuti tujuan. Entah tujuan yang berasal dari dalam atau luar diri. Ini yang menjadi salah satu sebab kenapa tujuan menjadi hal yang sangat penting bagi manusia.

Tujuan menjadi sesuatu yang hendak dicapai. Setiap orang disarankan untuk memiliki tujuan hidup. Bila tidak, ada konsekuensi logis yang harus ditanggung.

Konsekuensi orang yang tidak memiliki tujuan adalah ia akan mengikuti tujuan orang lain/ pihak lain. Keikutsertaannya pada tujuan lain sering tidak disadari. Kesadaran baru muncul ketika ia "kecelik" karena tidak mendapat apa-apa.

Penjelasan sederhananya seperti ini, ketika seorang pekerja yang kecanduan game. Seorang pekerja yang kecanduan game "terbawa" tujuan lain. Pekerja ini tidak lagi bekerja dengan baik karena terjebak pada tujuan si pembuat game.

Pembuat game pasti memiliki tujuan berupa game-nya bisa disukai, dimainkan secara terus-menerus oleh banya orang. Tujuan si pembuat game tercapai. Namun sayang, tujuan seorang pekerja itu tidak tercapai. Ia dipecat karena produktifitasnya turun. Produktifitas turun yang disebabkan karena kecanduan game.

Inilah saat dimana orang yang tidak memiliki tujuan yang kuat akan hanyut pada tujuan orang lain. Tujuan orang lain perlu diwaspadai karena belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Idealnya, setiap orang harus memiliki tujuan sendiri agar tidak terjebak pada tujuan orang lain.

Comments

Baca Juga