Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Laporan Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dan Tips Mengerjakannya

Berawal dari pertanyaan, seperti apa laporan Program Induksi Guru Pemula (PIGP), maka saya berusaha menjawab dengan membagikan softfile laporan saya dulu. PIGP ini penting karena menjadi syarat untuk mendapatkan status Tenaga Fungsional Guru. Selain itu, bila lulus akan mendapatkan tunjangan fungsional.

Saya menyarankan teman-teman untuk mengerjakan laporan PIGP ini dengan tahapan berikut:
1. Tentukan tanggal pelaksaan observasi yang dilakukan Kepala Sekolah dan Pengawas
2. Buat Silabus dan RPP sesuai tanggal observasi
3. Buat instrumen pengamatan sesuai tanggal tersebut
4. Penilaian dalam instrumen hendaknya meningkat dari penilaian pertama ke selanjutnya (jangan sampai menurun, jadi mending nilainya pas-pasan dulu baru kemudian memuaskan)
5. Skor dalam penilaian dapat menggunakan Aplikasi Penilaian yang sudah saya buat (Saya lampirkan di file zip)

Selain itu, jangan terlalu mengandalkan guru senior, kepala sekolah dan pengawas. Karena kesibukan, kadang kita sulit untuk menentukan waktu untuk bimbingan. Sehingga saran saya, teman-teman "nyicil" membuat laporannya dulu.

Berikut link download Laporannya:
DOWNLOAD LAPORAN PIGP KLIK DISINI 

Comments

Baca Juga