Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Workshop Penulisan Majalah Gen Gemilang Edisi 1

Penerbitan majalah merupakan sesuatu yang baru bagi guru SD di Kabupaten Magelang. Karena sampai saat ini, belum ada satu pun SD negeri yang berhasil menerbitkan majalah secara berkala dan teratur.

Wajar saja bila Workshop Penulisan Majalah yang dilaksanakan di SDN Mertoyudan 1 pada Rabu (21/10/2020) menjadi begitu penting. Workshop penulisan majalah ini diikuti perwakilan guru SD dari 21 kecamatan se-Kabupaten Magelang.

Workshop dilaksanakan sehari penuh dengan menghadirkan narasumber dari Redaksi Suara Gemilang, yaitu Bapak Slamet Rohmadi. Beliau merupakan redaktur Majalah Suara Gemilang.

Pak Met, begitu beliau dipanggil merupakan saksi dan pelaku sejarah penerbitan majalah Suara Gemilang. Ia menjadi salah satu orang yang merintis majalah kebanggaan Pemerintah Kabupaten Magelang ini. Sampai sekarang, beliau telah menghabiskan waktu 23 tahun untuk berkhidmat di redaksi Suara Gemilang.

Bapak Slamet Rohmadi di sesi workshop banyak menceritakan proses keredaksian penerbitan majalah. Pengalaman beliau mengurus majalah selama 23 tahun terakhir terakhir membuat para peserta berdecak kagum. Yang terpenting, banyak ilmu yang bisa diserap untuk diterapkan di majalah yang nantinya akan diterbitkan ini.

Sesi selanjutnya berisi penjelasan mengenai rubrik majalah yang akan dibuat. Rubrikasi ini dibuat dengan berfokus pada kebutuhan sasaran pembaca. Mengingat sasaran pembacanya adalah anak SD maka  rubrikasi dibuat khusus untuk anak anak.

Sementara itu, pada sesi terakhir diisi dengan perancangan materi majalah. Perancangan ini dibuat oleh peserta workshop. Peserta workshop telah dibagi untuk menulis rubrik yang telah ditentukan.

Hebatnya, hanya dalam waktu 30 menit, para peserta dapat menerjemahkan maksud setiap rubrik yang ada. Terbukti dari presentasi rencana tulisan yang akan ditulis di edisi pertama nanti.

Workshop Penulisan Majalah

Workshop ini merupakan kelanjutan dari program kerja Divisi Majalah, Tim Penggerak Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang.

Sebelumnya, Divisi Majalah telah melakukan setidaknya empat kali pertemuan, khusus untuk membahas persiapan-persiapan penerbitan majalah. Selain pertemuan khusus internal divisi majalah, divisi majalah telah dua kali "studi banding" ke Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Magelang.

Awalnya Divisi Majalah diberi target untuk menerbitkan majalah untuk bulan Januari 2021. Hanya saja, beberapa "sesepuh" meminta untuk memajukan jadwal tersebut. Sehingga mau tidak mau 25 November 2020 harus sudah siap untuk di launching.

Pengajuan target itu membuat Divisi Majalah memutar otak. Tahapan persiapan penerbitan harus dikebut. Tim kontributor yang bertugas mencari, mengolah atau membuat materi majalah dibentuk dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Atas keterdesakkan inilah Workshop Penulisan Majalah digelar untuk melatih para guru yang nantinya menjadi kontributor. Peserta workshop ini diberi waktu tiga hari untuk mencari, mengolah, menuliskan dan melaporkan tulisannya.

Rencananya hasil tulisan ini akan segera dilayout kemudian disidangkan untuk checking akhir sebelum majalah dicetak dan didistribusikan.


Rahma Huda Putranto

Tim Hore Divisi Majalah

Comments

Baca Juga