Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Melawan Rasa Lelah dalam Menjalani Hidup


 Apa anda pernah merasa lelah dalam menjalani kehidupan?

Saya rasa anda akan menjawab pernah. Rasa lelah terhadap kehidupan bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja. Apalagi terhadap orang-orang yang menjalani kehidupan "biasa-biasa" saja.

Rasa lelah dalam menjalani kehidupan bisa menjurus malapetaka. Yaitu saat orang merasa lelah dan tidak mau melanjutkan kehidupan. Bisa-bisa terjadi bunuh diri.

Kelelahan dalam menjalani kehidupan biasanya diawali dari kejenuhan. Jenuh dalam menjalani hal-hal yang rutin. Rutinitas memang melahirkan kebosanan.

Makanya, cara yang paling efektif melawan kelelahan hidup adalah dengan mengatur irama hidup. Hidup ini harus diatur dalam suasana yang seimbang dan harmonis. Tidak boleh terlalu senang atau terlalu sedih dalam menjalani kehidupan.

Soalan terlalu senang atau sedih ini membuatku teringat pada pertanyaan yang sering dilontarkan psikiater. Terutama saat memeriksa kejiwaan seseorang. Kalau sering merasa terlalu senang atau sedih disinyalir ada gangguan kejiwaan.

Agar tidak terlalu senang atau sedih, sekali lagi irama kehidupan perlu diatur. Kita perlu membuat variasi kegiatan dalam hidup ini. Variasi dalam bentuk kegiatan, bahkan dalam cara berpikir akan sangat efektif membunuh kejenuhan.

Jadi, cara paling efektif untuk melawan rasa lelah akan kehidupan adalah dengan melakukan kegiatan yang variatif. Artinya kita harus melepaskan diri dari kegiatan-kegiatan rutin. Tidak memaksakan diri terhadap kegiatan yang monoton.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Mengambil nafas panjang ketika merasa lelah

2. Mencoba untuk tidak melakukan apa-apa bahkan berpikir apapun

3. Lepaskan diri dari gadget

4. Cobalah keluar rumah atau bertemu orang lain secara langsung

5. Tersenyumlah atas apa yang kamu dengar, lihat dan rasakan.

Inilah hal-hal yang bisa dilakukan untuk melawan rasa lelah. Kuncinya, atur irama kehidupan. Hanya diri sendirilah yang bisa mengatur irama kehidupan. Karena diri ini memiliki kebebasan untuk memilih berbagai macam pilihan yang ada. Yuk Dicoba!


Comments

Baca Juga