Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Stres Tidak Selalu Negatif

Stres memiliki dampak positif bagi manusia. Stres merupakan sinyal yang diberikan tubuh agar manusia waspada atau memberikan perhatian lebih. Stres hanya akan berdampak negatif jika stres tersebut dibiarkan berlarut-larut. Pembiaran ini dapat mempengaruhi irama jantung atau organ tubuh lainnya.

Siapa yang belum pernah merasakan stres? Saya yakin semua manusia, baik laki-laki atau perempuan pasti pernah merasakannya. Stres biasanya muncul saat manusia menghadapi situasi baru. Cerita tentang stres sering juga muncul saat manusia mendapatkan lingkungan kerja baru.

Seseorang yang mendapatkan lingkungan baru harus dapat beradaptasi. Adaptasi merupakan upaya penyesuaian diri dengan lingkungan. Artinya, seseorang harus dapat melakukan penyesuaian diri di tempat kerja yang baru. Bagi sebagian orang ini mudah. Tetapi adaptasi belum tentu mudah bagi sebagian orang yang lain.

Adaptasi yang gagal bisa memicu datangnya stres. Makanya, bila seseorang mendapatkan lingkungan kerja baru, ia perlu untuk menganalisis situasi. Analisis yang tepat akan membawanya pada tindakan yang tepat.

Stres seringkali muncul karena adanya kebingungan. Kebingungan muncul karena kita tidak fokus pada satu pilihan. Fokus pada satu pilihan dapat mengurangi dampak negatif karena stres. Sebab, kita memiliki kepercayaan diri atas satu pilihan tersebut.

Pada akhirnya, saya berani mengatakan kalau stres dapat diminimalisir dengan beberapa cara. Pertama, anggap stres sebagai sesuatu yang wajar. Stres memiliki dampak positif. Kedua, lakukan analisis diri dan lingkungan. Ketiga, buat pilihan tindakan. Terakhir, percaya pada pilihan kita. Inilah upaya adaptasi yang dapat kita lakukan.

Borobudur, 1 Desember 2021

Comments

Baca Juga