Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Kelebihan Vespa

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah populasi vespa terbesar di dunia. Populasi vespa di Indonesia ditunjang dengan banyaknya klub vespa, event vespa yang diselenggarakan dan rasa solidaritas antar pemilik vespa yang cukup tinggi.

Penulis pernah memiliki pengalaman dengan vespa. Pada 3 maret 2014, kebetulan saat penulis bersama kekasih hati jalan-jalan keliling kota naik vespa. Vespa yang penulis tumpangi macet di pinggir jalan. Tak lama setelah vespa macet, tiba-tiba ada orang yang berhenti. Dia mengajak bersalaman, memperkenalkan diri lalu memperbaiki vespa penulis.
Wow, luar biasa memang, tidak peduli kenal atau tidak, ketika ada vespa macet pasti ada yang membantu untuk memperbaiki. Bahkan, pernah ada cerita, kalaupun ada sparepart yang harus diganti, dan kebetulan tidak ada yang jual sparepart, si penolong rela melepas sparepart yang terpasang di vespanya untuk diberikan kepada vespa yang macet (vespa yang ditolong).
Kemudian, timbul pertanyaan, mengapa banyak orang lebih memilih vespa daripada jenis motor lain? Apa sih kelebihan dari vespa? Juhana dan Suratman (2001:21-22) menjelaskan bahwa kelebihan vespa adalah:
  1. Konstruksi mesin sederhana.
  2. Tingkat perawatan mesin lebih mudah karena tidak memerlukan mekanisme katup untuk pengaturan pemasukan bahan bakar maupun pembuangan sisa pembakaran.
  3. Pemakaian oli mesin (oli tranmisi) lebih hemat, karena oli mesin tidak melumasi komponen pembakaran.
  4. Penggunaan oli tranmisi kurang lebih 300 cc.
  5. Tarikan/ akselerasi spontan.
  6. Sistem pendinginan mesin menggunakan udara yang diatur oleh “rotor with fan” sehingga lebih stabil sesuai dengan tingkat kecepatan mesin.
  7. Sistem penggerak tenaga langsung (sistem transmisi roda gigi) tanpa perantara rantai sehingga efisiensi tenaga lebih besar serta daya tanjaknya lebih kuat.
  8. Pengemudi terbebas dari pengaruh panas mesin karena seluruh mesin tertutup sehingga tingkat kenyamanan saat mengendarai lebih terjamin.
  9. Kaki pengemudi terbebas dari tugas (kecuali saat mengerem) sehingga kenyamanan saat mengemudi benar-benar dapat dirasakan.
  10. Dalam kondisi medan berair/ berlumpur, kaki terbebas dari percikan air/ lumpur karena dilengkapi dengan lantai.
  11. Dilengkapi dengan perlengkapan yang praktis yaitu:
  12. Bagasi yang dapat dikunci.
  13. Gantungan tas atau benda aman.
  14. Kunci yang multiguna, yaitu satu kunci dapat dipergunakan untuk mengunci bagasi, sadel, dan kemudi.
  15. Dilengkapi roda cadangan sehingga apabila salah satu ban kempes/ bocor dapat langsung diganti.
  16. Ban depan dan ban belakang dapat saling ditukar sekaligus dengan peleknya.
  17. Dilengkapi dengan tool kit.
Besarnya populasi vespa di Indonesia dari dahulu sampai sekarang pastilah dipengaruhi oleh kelebihan vespa itu sendiri. Kelebihan vespa ini menjadi salah satu alasan selain adanya klub, event dan solidaritas yang tinggi antar pemilik vespa. Make (more than) a fashion statement, do you vespa?

Sumber bacaan:

Juhana, Ohan dan M. Suratman. 2003. Teknik Reparasi Vespa dari Vespa 125-150 Super/ Sprint sampai dengan Vespa Corsa. Bandung: Pustaka Setia.

Comments

Baca Juga