Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Filsafat Filsuf dan Pengetahuan

Filsafat adalah (1) “ilmu istimewa” yang mencoba menjawab masalah-masalah yang tidak dapat dijawab oleh ilmu pengetahuan biasa karena masalah-masalah tersebut di luar jangkauan ilmu pengetahuan biasa. (2) proses dan hasil daya upaya manusia dengan akal budinya untuk memahami dan mendalami secara radikal dan integral serta sistematis hakikat dari yang ada, yaitu: misalnya hakikat Tuhan, hakikat alam semesta, dan hakikat manusia, serta sikap manusia sebagai konsekuensi dari paham tersebut.

Definisi di atas sebenarnya tidak bertentangan, namun penekananya saja yang berbeda. Sehingga filsafat itu sebuah proses berpikir yang bermuara pada sebuah pemikiran. Inti filsafat adalah pemikiran terhadap sesuatu yang menggunakan nalar. Pemikiran ini menjadi dasar manusia untuk menjadikan filsafat sebagai petunjuk arah kegiatan (aktivitas) manusia dalam segala bidang kehidupannya. Sehingga filsafat juga disebut sebagai way of life, Weltanschauung, Wereldbeschouwing, Wereld-en levenbeschouwing.

Tiga sifat pokok filsafat adalah menyeluruh, mendalam, dan spekulatif. Ciri lain yang penting ditambahkan adalah sifat refleksif kritis dari filsafat. Manfaat filsafat bagi kehidupan adalah (1) sebagai dasar dalam bertindak; (2) sebagai dasar dalam mengambil keputusan; (3) untuk mengurangi salah paham dan konflik; (4) untuk bersiap siaga menghadapi dunia yang selalu berubah.

Filsafat dan filsuf selalu berkaitan. Filsuf adalah orang cerdas yang menggunakan nalar untuk memikirkan hal apa saja. Sehingga manusia sebagai filsuf memiliki sifat ingin tahu terhadap segala sesuatu. Sesuatu yang ingin diketahui manusia tersebut disebut pengetahuan

Dalam perhatian filsuf, pengetahuan dibedakan menjadi empat, yaitu (1) pengetahuan indra, artinya pengetahuan hasil daya tarik indra manusia; (2) pengetahuan ilmiah, pengetahuan yang diciptakan secara sistematis, melalui proses berpikir, koheren, transparan, dan akuran; (3) pengetahuan filsafat, artinya pengetahuan diperoleh melalui olah pikir, (4) pengetahuan agama, artinya pengetahuan yang diperoleh atas dasar doktrin.

Simpulannya adalah filsafat adalah proses berfikir yang bermuara pada pemikiran. Orang yang berfilsafat disebut filsuf. Pemikiran filsuf selalu berkaitan dengan pengetahuan sebagai sesuatu yang ingin diketahuinya.

Rangkuman dari buku (halaman 1-4):
Endraswara, Suwardi. 2012. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: CAPS

Comments

Baca Juga