Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Terbuka Boleh Asal Jangan Telanjang

Kejadian politik memang seru untuk dibicarakan. Apalagi di era digital dimana semua dituntut serba terbuka dan dapat diakses semua orang.

Prinsip keterbukaan berbeda dengan prinsip menelanjangi. Kalau sudah telanjang, ada bagian yang tidak etis untuk ditampilkan di publik.

Kalau segalanya serba terbuka tanpa aturan malah bahaya jadinya. Orang akan tergoda untuk mencari tahu lebih dari apa yang sudah terbuka itu.
Apalagi soal pertahanan negara. Sudah selayaknya ada bagian yang memang tidak boleh diperlihatkan ke publik. Kalau sudah bocor dan terlihat, ada pihak yang tidak bertanggung jawab mencari-cari titik lemah pertahanan itu.

Saya setuju atas ketegasan Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan untuk membahas beberapa hal secara tertutup. Karena bagaimanapun juga soal pertahanan adalah soal menjaga.

Menjaga rahasia negara menjadi cara untuk menjaga negara. Terbuka boleh saja, namun tidak untuk ditelanjangi dan dipertontonkan kepada umum. Keterbukaan harus dibatasi pada batas yang jelas.

Lantas, apakah engkau tetap akan nekat menelanjangi bungkus ini walau jelas tertera "Dokumen Negara Sangat Rahasia?"
:D

Borobudur, 13 November 2019

Comments

Baca Juga