Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Cerita Asyiknya Pembelajaran Daring Tanpa Suara

Uyeaaaahhh... Saatnya evaluasi pembelajaran daring (online) hari ini. Saya sengaja ingin mengajar secara langsung menggunakan video conference alias live. Waktunya di malam hari ketika orang tua bisa mendampingi putra-putrinya menggunakan Smartphone.

Saya menggunakan platform Microsoft Teams. Sebuah produk bagian dari Microsoft 365 ini bisa digunakan "live" tanpa batas waktu. Dan tentu saja gratis!

Teknisnya, saya membuat kelas virtual dimana anggotanya adalah semua siswa. Kemudian saya jadwalkan "meeting". Melalui aplikasi Teams di Smartphone, siswa dapat langsung bergabung secara live hanya dengan klik "gabung".

Beberapa siswa berhasil bergabung. Terbukti dari anggota rapat yang terlihat. Sesekali saya aktifkan microphone untuk komunikasi dua arah. Saya share screen juga materi yang sedang diajarkan.

Beberapa siswa bisa berkomunikasi melalui perangkat digital dengan sangat baik. Tapi lebih banyak siswa yang statusnya online tapi tidak bersuara. Tayangan videonya gelap.

Saya tawarkan lagi tanya jawab. Tapi tak ada yang menjawab. Saya tersenyum puas. Alhamdulillah pembelajaran daring berhasil.

Kepuasan batin atas keberhasilan ini tidak berlangsung lama. Rasa puas ini berubah menjadi lucu selucu-lucunya ketika ada beberapa japri WA masuk. Ini salah satunya.

"Pak, maaf, anak saya tidur ketika mendengar suara pak guru. Tapi saya menggantikan anak saya mendengarkan pak guru menjelaskan. Bagus lho pak. Besok lagi ya."

Terjawab sudah, banyak yang online tapi tak ada suara.
🤣🤣🤣🤣

Comments

Baca Juga