Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Covid-19 Semakin Mewabah, Gratiskan Paket Data Kuota Internet

Beberapa daerah telah meliburkan sekolah dalam rangka mewaspadai persebaran Virus Corona. Solusi sekolah libur adalah dengan meminta pendidik menyelenggarakan pembelajaran secara daring.

Beberapa hari ke depan menjadi kesempatan bagi berbagai penyedia jasa layanan pembelajaran jarak jauh. Bahwa pembelajaran daring menjadi solusi jitu menghindari tatap muka dan pengumpulan massa.

Kini beberapa vendor sigap menyediakan layanan gratis untuk pembelajaran dalam jaringan.

Pembelajaran daring akan membuktikan bahwa belajar bisa dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

Namun, sekreatif apapun guru dalam menyusun pembelajaran daring dan secanggih apapun platform yang digunakan masih ada kendala.

Kendala utama itu berupa "paket data". Diperkirakan akan banyak yang mengeluh kalau pembelajatan daring memakan begitu banyak paket data. Terutama bila ingin mengoptimalkan video conference.

Sepertinya sudah saatnya ada provider yang memberikan akses data gratis ke penyedia layanan pembelajaran daring.

Catatan sore, 15 Maret 2020

(Selang dua hari setelah postingan ini, kuota internet benar-benar digratiskan untuk aplikasi tertentu. Semoga bukan jebakan kapitalis)

Comments

Baca Juga