Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pentingnya Punya Tujuan Akhir

Orang yang bingung dalam menjalani kehidupannya banyak ditemukan di sekitar kita. Hal ini disebabkan karena kehidupan memberikan berbagai macam pilihan. Life is choice. Agar tidak bingung dan salah menjalani kehidupan kita memerlukan tujuan akhir.

Berkaitan dengan hal di atas ada cerita yang cukup menarik. Pada dahulu kala terdapat seseorang yang bingung. Ia kebingungan dalam memilih hal-hal yang harus dilakukan. Hingga tibalah pada suatu ketika dimana orang tersebut bingung mau pergi kemana.

Ia mencari Orang Pintar di sekitarnya. Maka bertemulah ia dengan seorang pintar nan bijak. Ia menceritakan hidupnya yang penuh dengan kebingungan. Lantas orang pintar itu bertanya, "mau kemana engkau sebenarnya?"

"Kemana saja boleh," jawab orang yang bingung.

"Berarti kau boleh pilih apa saja," kata Orang Pintar.


Hikmah

Cerita di atas menggambarkan betapa pentingnya sebuah tujuan. Tujuan menjadi "lentera" yang memandu hidup kita. Kalau kita mempersilahkan dunia mengatur kita, maka dunia akan memberikan tujuan kepada kita. Dimana tujuan itu belum tentu sesuai dengan keingingan dan kebutuhan kita.

Mengikuti kehendak luar seperti berenang mengikuti arus. Mengikuti arus sangatlah beresiko. Karena arus selalu membawa kita turun. Sangat jarang arus yang membawa kita ke atas.

Untuk menghindari arus yang turun itu, maka perlu adanya tujuan. Tujuan itu perlu dan penting. Setidaknya tujuan dapat menjadi penentu arah hidup kita. Selain itu tujuan mencegah kita terjebak pada tujuan-tujuan orang lain di luar keinginan dan kebutuhan kita.

Sebenarnya tujuan yang perlu kita miliki tidak perlu detail. Tujuan yang dibuat tidak perlu terlalu detail. Tujuan yang dapat memberikan gambaran umum mengenai arah atau kondisi yang diharapkan sudah sangat cukup.

Tujuan ini akan lebih baik kalau dituliskan dalam sebuah kalimat sederhana. Kalimat ini harus singkat dan mudah diingat. Kalimat ini cukup bisa menjadi pengingat mau kemana kita nanti.


Rabu, 6 Januari 2020

Comments

Baca Juga