Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Membuat Aquascape Murah Meriah (Disertai Detail Harga Bahan Aquascape di Magelang)

Aquascape adalah akuarium yang didalamnya terdapat tumbuhan, hewan dan benda-benda tak hidup lainnya. Cerita tentang aquascape berawal dari satu minggu terakhir ini. Sebelumnya saya tergoda untuk mengisi akuarium panjang satu meter. Akuarium ini dulu dibelikan orang tua ketika saya masih SD.

Untuk mengisi akuarium ini, saya mencoba "googling" tentang dunia akuarium. Ternyata sekarang sedang "ngetrend" aquascape. Kata kunci aquascape membawaku ke grup facebook komunitas aquascape Magelang. Melalui forum-forum di dunia maya ini, dapat disimpulkan bahwa dunia aquascape di Magelang sudah maju. Apalagi adanya pasar ikan yang lengkap, bersih dan nyaman untuk berbelanja, yaitu Sasana Mina Kota Magelang.

Sasana Mina yang terletak di Magersari Kota Magelang ini aku berbelanja peralatan aquascape (awalnya cuma pengen lihat-lihat, eh tergoda beli juga). Sebenarnya di Sasana Mina ada aquascape ukuran 40 cm dan ekosistemnya sudah jadi dibanderol harga Rp 400.000.

Namun aku ingin membuat sendiri aquascape dengan ukuran yang sama. Hasilnya lumayan dan cukup terjangkau. Total dana yang saya habiskan adalah Rp 184.500. Berikut rinciannya:
Akuarium Rp 40.000
Filter Recent Rp 50.000
Lampu LED Rp 65.000
Pasir malang 1 sak Rp 20.000
Batu Lava 1 kg Rp 8.000
Lem G 2 buah Rp 14.000
Lem Tanaman Rp 15.000
Tanaman air Rp 7.500
Tanaman air merah Rp 3.000
Java Moss Rp 8.000
Ikan cupang Rp 3.000

Sebenarnya, harga pembuatan aquascape seperti di atas masih bisa ditekan. Caranya dengan memanfaatkan bahan aquascape yang ada di alam sekitar. Misalnya dengan cara berburu batu di sungai, mencari ranting pohon di ladang atau hutan, sampai tanaman air berupa java moss yang ada di sekitar sungai.

Comments

Baca Juga