Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pranata Adicara Merupakan Tugas "Sederhana" Namun "Penting"

Huss, jangan buru-buru protes ya. Mosok pranata adicara itu tugas sederhana yang selevel dengan cuci piring atau menyapu rumah. Tentu tidak seperti itu maksudnya.

Saya artikan "sederhana" karena tugas pranata adicara dari dulu ya gitu-gitu aja. Pekerjaan pranata adicara sederhana karena yang paling simpel "cuma" mengantarkan acara saat berlangsung.

Walau sebenarnya pranata adicara harus tahu apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah. Bahkan segala sesuatu yang tidak terlihat di panggung harus ia ketahui. Sembari memastikan semuanya berjalan sesuai dengan rencana.

Tegasnya, tugas pranata adicara ya seperti-seperti itu saja. Yang penting tahu acara dan tahu apa yang harus dikatakan, selesai lah sudah. Pasti lancar.

Namun sesederhana-sederhananya kita menganggap, tugas pranata adicara sangatlah penting. Pranata adicara menjadi kunci keberhasilan sebuah perhelatan.

Pranata adicara menjadi pihak yang paling banyak tampil dan bersuara pada suatu acara. Pranata adicara mau tidak mau akan menjadi pihak yang paling mendominasi dalam suatu acara. Jadi inilah pentingnya seorang pranata adicara.

Karena sudah tahu penting dan sederhananya pranata adicara, kita bisa petik kunci keberhasilan pranata adicara itu ada dimana. Kunci pranata adicara terletak pada keluasan pengetahuannya akan berbagai macam teknis acara dan hafal tidaknya dia akan teks yang harus diucapkan ketika bertugas.

Oleh karenanya, kunci keberhasilan menjadi pranata adicara adalah hafal terhadap apa yang harus dikatakan. Untuk mencapai level hafalan yang tinggi, mau tidak mau harus banyak berlatih. Berlatih, berlatih dan terus berlatih adalah kunci menjadi pranata adicara yang sukses.


Senin, 26 Oktober 2020

Ditulis sore hari ketika pagi hari bertugas sebagai pranata adicara.

Comments

Baca Juga