Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Seperti Hidup Kembali


  "Seperti Hidup Kembali"

Untaian kata di atas merupakan judul lagu dari Andra And The Backbone. Lagu yang dirilis pada tahun 2008 ini menjadi lagu faforitku semasa SMA. Liriknya penuh makna, mudah diingat dan membangkitkan semangat. Tiga belas tahun berlalu, tiba-tiba ingatanku membawaku ke lagu ini kembali.

Ingatan akan lagu ini tidak serta muncul begitu saja. Saya beberapa minggu ini mengalami kegalauan yang luar biasa. Saya mengalami Covid-19, menulari keluargaku, di saat yang sama omset bisnis menurun. Bahkan di saat yang sama, ada kabar bahwa status saya di salah satu perguruan tinggi juga harus berakhir.

Saya dapat menjadi bagian dari perguruan tinggi ini sejak tahun 2017. Saya melewati jalan yang berliku. Proses seleksi harus dilalui. Belum lagi soal "logistik" yang harus disediakan.

Pemenuhan logistik itu berasal dari istri saya. Sempat juga menjual harta perkawinan. Menunda beli popok atau susu pun pernah dilakukan.

Perjuangan dan pengorbanan itu seolah sia-sia saat kabar pemberhentian ini menghampiri. Saya tidak dapat berbuat banyak. Advokasi tak dapat dilakukan karena sedang isolasi mandiri. Akhirnya, saya mengikhlaskan nasib saya ini.

Eh tidak disangka, sebulan berlalu. Ada berita dari salah satu perguruan tinggi negeri. Ada kesempatan bagiku. Benar-benar "Seperti Hidup Kembali".

Saya pun mencoba kesempatan ini. Semoga berakhir positif. Semoga pengumuman nanti dapat membalas perjuangan dan pengorbanan anak-istri.


"Bangkitkan jiwaku.

Dari mimpi burukku."

(Andra And The Backbone)


Borobudur, 2 Agustus 2021

Comments

Baca Juga