Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Cara Mengubah Gambar Dua Dimensi Menjadi Tiga Dimensi Menggunakan Paint 3D

Paint 3D dapat digunakan untuk mengubah objek dua dimensi menjadi tiga dimensi. Proses ini membutuhkan alat dan bahan. Alat utamanya tentu seperangkat komputer yang telah terinstall Paint 3D. Bahan yang dibutuhkan adalah gambar atau foto yang akan diubah menjadi objek tiga dimensi. Foto atau gambar ini dapat berformat jpeg atau png. Usahakan gambar yang akan diubah ke objek tiga dimensi memiliki resolusi yang tinggi.

Berikut langkah-langkah mengubah gambar dua dimensi menjadi objek tiga dimensi.
1. Insert gambar yang akan kita buat
2. Jangan klik apapun, langsung klik make objek 3D yang ada di samping kanan
3. Gambar sudah jadi objek tiga dimensi, namun tidak terlihat tiga dimensi karena sangat tipis
4. Gunakan menu 3D Doodle untuk menggambar objek tiga dimensi (seperti mengeblat)
5. Ubah warna objek 3D hasil 3D Doodle dengan warna dasar yang berbeda
6. Atur posisi objek tiga dimensi yang telah dibuat menggunakan tampilan 3D View
7. Untuk menggabungkan dua atau lebih objek tiga dimensi, klik objek yang akan digabungkan sambil menahan tombol shift sembari klik objek yang mau digabung. Selanjutnya pilih grouping di deretan menu sebelah kanan.
8. Warna objek tiga dimensi dapat diubah menggunakan gambar/ foto asli melalui menu sticker untuk mendapatkan detail objek tiga dimensi yang lebih sempurna.

Tips penting dalam membuat objek tiga dimensi dari objek dua dimensi adalah pembuat harus mampu membagi objek gambar dua dimensi menjadi beberapa bagian utama. Pembagian ini dapat dilakukan dengan cara mengimajinasikannya di dalam pikiran. Semakin jelas pembagian objek utamanya, akan semakin mudah dalam mengembangkannya menjadi objek tiga dimensi. 

Semarang, 23 Maret 2018

Comments

Baca Juga