Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Jateng Pintar dan Learning Object Tiga Dimensi

Bersama senior guru dari Magelang yang sama-sama menjadi peserta ToT Learning Object Tiga Dimensi. Dari kiri ke kanan, saya, Mas Khabib Fauzi dan Mas Hafidh.
Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (BPTIK DIKBUD) memiliki portal pebelajaran bernama jateng pintar. Portal Jateng Pintar ini dapat diakses di alamat pintar.jatengprov.go.id. Jateng Pintar adalah portal yang memuat kumpulan media. Sehingga portal ini layak juga disebut sebagai gudang stok media pembelajaran yang dimiliki BPTIK. Porta ini berisi media pembelajaran untuk PAUD, SD, SMP, SMA, atau umum.  Portal ini menyediakan media pembelajaran berupa video, ebook, media interaktif, RPP, Best practice, dan foto dokumentasi kegiatan guru di Jawa Tengah.

Konten dalam portal Jateng Pintar berasal dari BPTIK, guru yang telah diToT atau dibimtek oleh BPTIK, komunitas masyarakat, dan siswa. Semua konten dalam Jateng Pintar dapat diakses untuk pembelajaran di kelas. Media hasil karya kita dapat juga ditampilkan dan dibagikan di Jateng Pintar. Untuk membagi karya, seseorang harus menjadi kontributor Jateng Pintar. Cara menjadi kontributor cukup mudah. Hanya perlu mendaftar di menu registrasi kontributor. Kemudian setelah media sudah diupload, akan disetujui oleh admin dari BPTIK. Apabila memenuhi syarat dan ketentuan, media karya seseorang dapat dimuat di Jateng Pintar. Jika tidak, media tersebut tidak akan ditampilkan.

ToT dan Jateng Pintar
Pelatihan ToT ini bermuara pada bertambahnya media pembelajaran di Portal Jateng Pintar. Media pembelajaran yang hendak diupload di Jateng Pintar adalah learning object. Learning Object yang berbentuk tiga dimensi. Jadi peserta ToT wajib mengupload hasil karya 3D di Portal Jateng Pintar. Selain itu, hasil media pembelajaran dari peserta yang dideminasi juga harus diupload di Jateng Pintar. Format file media yang dapat dibaca oleh Jateng Pintar saat ini baru file dengan format PPT dan SWF. Ini syarat mutlak untuk memperoleh sertifikat pelatihan senilai 32 jam dari BPTIK Dikbud Jawa Tengah.

Learning object adalah penggalan materi ajar berbasis website yang dirancang untuk menjelaskan satu tujuan pembelajaran tunggal. Bila dikaitkan dengan pelatihan ToT ini, peserta ToT harus mampu menghasilkan learning object dalam bentuk produk tiga dimensi. Selain itu agar dapat melalui verifikasi materi dari admin Jateng Pintar, media pembelajaran harus dibuat lebih kongkrit. Jangan sampai media pembelajaran malah menjadikan bayangan siswa lebih abstrak. Media yang abstrak membuat siswa lebih bingung

Selain itu, learning object yang dibuat sebaiknya reusable, artinya dapat digunakan secara berdiri sendiri dan dapat digabungkan dengan objek yang lain untuk menghasilkan pembelajaran yang utuh. Misalnya learning object yang dibuat mengenai tulang tengkorak, tulang tengkorak tersebut dapat digabungkan dengan bagian tulang yang lain untuk menghasilkan pemahaman yang utuh mengenai rangka manusia.

Pembuatan media pembelajaran agar sesuai dengan syarat di atas harus melalui beberapa tahapan analisis. Pertama, harus memperhatikan silabus terlebih dahulu. Kemudian mencari Standar Kompetensi dan Kompetesi Dasar. Dilanjutkan dengan merumuskan indikator. Indikator inilah yang menjadi titik tolak untuk memulai pembuatan media pembelajaran Learning Object berbasis 3 Dimensi.

Semarang, 23 Maret 2018

Comments

Baca Juga