Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Lini Masa Pelatihan ToT Pengayaan Learning Object 3D berbasis Paint 3D

Ruang Pusat Sumber Belajar BPTIK Dikbud Jawa Tengah

Pelatihan Training of Trainer Pengayaan Sumber Belajar Learning Object 3D pada Portal Jateng Pintar di BPTIKP Propinsi Jawa Tengah terdiri dari empat bagian pelatihan. Keempat bagian ini harus dilalui semuanya apabila ingin memperoleh sertifikat sebagai trainer. Apabila hanya ingin mendapatkan sertifikat sebagai peserta ToT, peserta hanya cukup melakukan pelatihan sampai tahap yang ketiga, yang berisi upload tugas mandiri di portal Jateng Pintar. Berikut penjelasan singkat tahapan pelatihan tersebut.

1. Tatap Muka
Tatap muka pengayaan sumber belajar learning object 3D ini dilaksanakan di BPTIKP Dikbud Propinsi Jawa Tengah selama 32 jam pelatihan. Tatap muka ini dilaksanakan dalam dua hari. Pelaksanaan ToT dipandu langsung oleh Huda Marofiq, Microsoft Education Trainer dari Microsoft Indonesia. Peserta tatap muka akan diperkenalkan dengan Office 365, Microsoft Educators Community, Fitur Windows 10, Paint 3D, Power point 2016, dan Photos. Photos merupakan materi tambahan yang hanya disampaikan ketika masih ada waktu pelatihan yang tersisa.

2. Kursus Online
Kursus online merupakan tugas yang harus diselesaikan peserta setelah tatap muka selesai. Kursus online yang harus diselesaikan dapat dilihat di portal microsoft educators community di alamat education.microsoft.com. Tugas mandiri ini dapat dikerjakan dimana saja selama terkoneksi dengan internet. Peserta akan mendapat badge, sertifikat, dan point setiap kali menyelesaikan kursus online yang ada di portal Microsoft Educators Community.

Kelulusan kursus online ini ditentukan berdasarkan jumlah point minimal yang dapat diperoleh peserta. Point yang dibutuhkan agar peserta dapat lulus sesi pelatihan kursus online ini adalah 4000 point. Point sebanyak 4000 ini bisa didapat dengan mengerjakan delapan kursus dengan masing-masing skor sebanyak 500 point. Target point minimal tersebut harus dapat diperoleh dalam kurun waktu 14 hari. Sehingga mau tidak mau, selama 14 hari harus mampu menyelesaikan delapan kursus yang berbeda.

3. Tugas Mandiri
Tugas mandiri merupakan tugas yang harus diselesaikan setelah peserta berhasil menyelesaikan kursus online dan memperoleh point minimal yang telah ditetapkan. Tugas mandiri ini berupa pembuatan learning object berbasis tiga dimensi (3D). Learning object 3D yang dibuat harus diintegrasikan dengan Power Point 2016.

Pengintegrasian ini dapat dilakukan dengan cara insert 3D models ataupun screen recording. Pengintegrasian ini akan menghasilkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Media ini wajib diupload di portal Jateng Pintar. Perlu juga diketahui bahwa portal Jateng Pintar merupakan portal yang berisi berbagai macam media pembelajaran berbasis TIK yang ditampung dari guru-guru Jawa Tengah dan dikelola langsung oleh BPTIK Dikbud Jawa Tengah.

4. Diseminasi
Diseminasi adalah penyampaian hasil pelatihan kepada guru-guru yang belum pernah mengikuti pelatihan pembuatan learning object berbasis 3D. Penyampaian ini dilakukan oleh peserta yang telah lulus ToT, kursus online dan tugas mandiri. Diseminasi wajib dilakukan minimal kepada 10 guru. Diseminasi dapat dilakukan dengan bekerja sama dengan MGMP/ KKG, organisasi profesi atau yayasan pendidikan yang bergerak di bidang pendidikan. Pelaksanaan diseminasi dilakukan dalam kurun waktu bulan April - Mei 2018.

Diseminasi ini dapat dilaksanakan secara berkelompok dengan jumlah maksimal tiga pelatih. Pelatih yang dimaksud disini adalah peserta ToT yang telah menyelesaikan pelatihan sampai tahap ketiga. Satu orang pelatih bisa bertugas sebagai master of training dan dua pelatih yang lain dapat membantu peserta yang mengalami kesulitan selama proses penyampaian materi diseminasi. Selain itu, pelaksanaan diseminasi yang dilakukan secara berkelompok dapat mengefektif dan mengefisiensikan sumber daya yang ada.

BPTIK Dikbud Jateng dan Microsoft Indonesia menghendaki kalau sertifikat kelulusan sebagai peserta hanya akan diberikan setelah peserta mengikuti kegiatan tatap muka, menyelesaikan kursus online, dan mengupload hasil tugas mandiri tepat waktu. Apabila peserta ToT ini dapat menyelenggarakan diseminasi dengan jumlah peserta minimal sepuluh orang, maka ia berhak memperoleh sertifikat sebagai pelatih paint 3D. Apabila berhasil memperoleh sertifikat sebagai pelatih, orang tersebut berhak menyelenggarakan pelatihan pembuatan object learning berbasis 3D secara mandiri di luar ketentuan waktu diseminasi.

Semarang, 23 Maret 2018

Comments

Baca Juga