Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Setelah Shubuh, Jangan Tidur Lagi


Alhamdulillah, tak terasa sudah berpuasa selama tiga hari. Tak sedikit orang yang tiga hari ini mengawali hari dengan tidur. "Rutinitas" tidur di pagi hari dilakukan tepat setelah melaksanakan sholat shubuh. Godaan untuk tidur di pagi hari ini semakin menjadi-jadi jikalau makan sahur terlalu banyak. Kondisi perut kenyang makin membuat "mager" alias malas bergerak. Ujung-ujungnya "pancal kemul" lagi.

"Pancal kemul" menyisakan rasa yang tidak mengenakkan. Kalaupun terbangun, biasanya leher terasa "tengeng." Tengeng alias pegal-pegal. Tak jarang juga kalau badan terasa "panas-dingin."

Kata para "alim", tidur di pagi hari tidak baik. Pagi hari atau saat matahari terbit manusia diharuskan waspada. Katanya ujung-ujung tanduk setan sedang mengapit matahari. Maka sangat dianjurkan bahwa saat pergantian waktu dari malam ke siang ini diusahakan dalam kondisi terjaga.

Entah benar atau tidak pendapat di atas, kenyataannya banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pagi hari. Selain tidur, pagi hari dapat diisi dengan aktivitas yang lebih produktif. Ada yang menghabiskan waktu di pagi hari untuk berdiam di masjid dari dari Shubuh sampai menjelang Dhuha. Ada yang menggunakan waktu pagi hari dengan membaca atau berolahraga.

Dari sekian banyak aktivitas, semuanya dapat dipilih. Hanya saja disarankan untuk melakukan aktivitas rutin di pagi hari. Aktivitas rutin di pagi hari maksudnya melakukan aktivitas yang sama di pagi hari. Hal ini perlu dilakukan agar "jam" yang ada di dalam tubuh merasakan keteraturan.

Aktivitas rutin di pagi hari dianjurkan oleh orang-orang sukses. Salah satunya adalah Pengusaha Richard Branson. Pengusaha yang dikenal sebagai pengusaha yang tidak bisa diprediksi ini selalu punya rutinitas yang sama di pagi hari. Jelas, rutinitasnya di pagi hari bukan "mancal kemul" lagi.

Kini kita merenung. Apa masih mau pagi harimu hanya diisi dengan tidur? Jangan tidur lagi ya. Kata orang-orang tua, sayang kalau rejeki kita "dipatok ayam." Biar tidak sia-sia, yuk rencanakan aktivitas rutinmu di pagi hari nanti!

Baca Juga: PEMBELAJARAN TATAP MUKA BIKIN SISWA PINDAH SEKOLAH


Comments

  1. Betul kak. Entah mengapa kalo kbis subuh tidur lagi berasa waktu terlalu cepat

    ReplyDelete
  2. Paling bagus kalo abis shubuh itu berberes rumah. Selain masih adem kita kadi bisa banyak waktu untuk bermain dengan anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Pagi hari waktu yg bagus untuk quality time dg anak

      Delete

Post a Comment

Baca Juga