Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Cerita Saya Ngeblog dan Pentingnya Rubrikasi Blog

Saya hobi ngeblog. Saya pertama kali membuat blog tahun 2009. Saya ingat saat itu duduk di kelas XI SMA. Bangga luar biasa ketika blog terindeks Google untuk pertama kalinya.

Aktivitas ngeblog sempat terhenti karena terbatasnya uang saku kuliah. Uang saku kuliah tidak cukup untuk membeli paket data. Yang kala itu paket data tidak semurah sekarang. Biaya internet paling murah kala itu Rp 1/ kb.

Tahun baru 2018 menjadi momentum memulai perjalanan baru sebagai penulis blog. Semua jenis tulisan saya posting di blog pribadi. Entah ada yang baca atau tidak, yang penting tiap hari posting satu tulisan.

Asal tulis dan asal posting memang terjadi di awal-awal kebangkitan menulis blog. Saya tidak peduli siapa yang mau baca. Saya hanya ingat nasihat dari pak Dr. Muchlas, sekarang Rektor Universitas Ahmad Dahlan. Bahwa teruslah menulis di blog. Sambil memotivasi dengan doa, semoga tulisan-tulisan ini menjadi amal jariyah di kemudian hari.

Tak terasa Maret 2020, tulisan di blog pribadi ini sudah melampaui angka 600 artikel. Google pun sudah melirik blog ini untuk dipasangi iklan -adsense. Kini sudah saatnya berpikir bagaimana blog ini bisa lebih bermanfaat lagi.

Sudah saatnya menentukan tujuan adanya blog ini. Postingan blog pun harus lebih tertata lagi. Sehingga perlu rubrikasi blog. Postingan-postingan blog harus mulai dikelompokkan pada rubrik-rubrik layaknya kolom di media massa.

Harapannya, tentu agar pembaca lebih betah tinggal di blog ini. Maklum bounce ratenya masih lumayan tinggi. Pembaca hanya mampir sebentar di blog karena postingan tulisan yang disarankan terlalu acak. Mungkin ini yang dimaksud dengan blog rumpang.

Pada akhirnya, menata 600-an artikel membutuhkan waktu. Tidak bisa simsalabim prok prok dan langsung jadi dalam semalam. Yang penting sudah ada keputusan tentang penentuan jenis rubrikasi dalam blog pribadi ini.

© Rahma Huda Putranto
Rambeanak, 22 Maret 2020

Comments

Baca Juga