Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Tahapan Lembar Jawab Komputer dan Lembar Jawab Uraian Ujian Nasional SD

Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya hanya memuat soal berbentuk pilihan ganda. Tahun ini juga menggunakan soal berbentuk pilihan ganda. Namun ada tambahan berupa soal essay.

Penggunaan jenis soal yang berbeda berimbas pada lembar jawab. Lembar jawabnya tidak hanya lembar jawab komputer (LJK) saja. Namun ada tambahan lembar jawab berupa lembar jawab uraian (LJU).

Penggunaan dua lembar jawab ini dikarenakan sistem komputer tidak bisa memindai jawaban soal uraian. Uraian dikerjakan di lembar terpisah dalam rangka mencegah lipatan atau coretan ketika hanya menggunakan lembar jawab komputer saja.

LJK dikumpulkan di UPT untuk dibawa secara kolektif ke kabupaten. Pengumpulan ke UPT dan dari UPT ke Dinas Pendidikan Kabupaten dilakukan pada hari dimana LJK tersebut dikerjakan siswa. LJU mendapat perlakuan yang berbeda.

LJU dibawa ke UPT setelah rangkaian ujian nasional selesai. Pengumpulan di UPT bertujuan untuk tahap pengkoreksian jawaban uraian oleh K3S Kecamatan. Jawaban soal uraian tersebut kemudian di rekap dalam bentuk lembaran excel. Lembaran rekap ini yang kemudian di kumpulkan di dinas pendidikan kabupaten untuk digabung dengan hasil LJK.

Keberadaan LJU ini membuat tahapan pengkoreksian bertambah satu tahap. Yaitu pengkoreksian soal uraian. Agar pengkoreksian tidak melebihi waktu yang ditentukan, perlu kecermatan dan ketepatan oleh K3S kecamatan dalam mengkoreksi soal uraian ini.

Borobudur, 24 April 2018

Comments

Baca Juga