Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pembuatan Analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan tema (SKL KI KD dan Tema)

Lokakarya PPG Dalam Jabatan UAD Yogyakarta
File tugas lembar kerja analisis standar kompetensi lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar dan tema (SKL KI KD dan tema) yang diupload di google classroom secara garis besar berisi dua tugas. Tugas pertama membandingkan rumusan kompetensi inti kelas bawah (kelas 1, 2 dan 3) serta keterkaitan antara SKL KI dan KD. Tugas kedua berisi analisis SKL KI KD dan tema kelas bawah.

Untuk memudahkan penyelesaian tugas analisis SKL KI KD dan tema, kelas dibagi ke dalam empat kelompok. Hasilnya setiap satu kelompok mendapat satu tugas untuk diselesaikan. Kelompok 1 bertugas menyelesaikan analisis SKL dan keterkaitannya. Kelompok 2 melakukan analisis SKL KI KD dan tema kelas 1. Kelompok 3 melakukan analisis SKL KI KD dan tema kelas 2. Terakhir, kelompok 4 menyelesaikan analisis SKL KI KD dan tema kelas 3.

Analisis SKL KI KD dan tema dapat menggunakan form pemetaan KD. Pemetaan KD ini terdiri dari kolom nomor, muatan mata pelajaran, kompetensi dasar, dan tema beserta sub temanya.

Tips untuk menyelesaikan tugas ini adalah
1. KD yang digunakan harus sesuai dengan lampiran Permendikbud Nomor 24 tahun 2016
2. Pembagian SK KD pada tiap sub tema mengacu buku guru
3. Pemetaan Kompetensi Dasar setiap sub tema dapat dilihat di lembar pertama di setiap awal sub tema di buku guru

Jangan ragu untuk merujuk buku guru karena pemetaan KD yang ada di buku guru sudah sesuai dengan teori pembelajaran tematik integratif. Selain itu, buku guru juga telah mengalami beberapa kali revisi. Revisi dilakukan untuk menyempurnakan buku guru atas masukan dari berbagai pihak.

Mahasiswa juga diperkenankan untuk memodifikasi pemetaan KD. Modifikasi dilakukan dengan tetap mengacu pada lampiran Permendikbud Nomor 24 tahun 2016. Namun akan berakibat pada berubahnya KD yang harus diajarkan pada setiap pembelajaran di kemudian hari.

Yogyakarta, 7 Oktober 2018

Comments

Baca Juga