Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Menghafal Visi dan Misi Sekolah

Visi-misi menjadi hal yang penting bagi sebuah lembaga. Visi menjadi gambaran tentang apa yang akan diraih oleh lembaga. Visi akan terwujud bila dipahami oleh setiap orang yang ada di lembaga tersebut.

SDN Borobudur 1 memiliki visi yang hendak diraih. Visilah yang mengilhami seluruh warga SDN Borobudur 1 berkegiatan. Karena visi yang memandu SDN Borobudur 1 menuju kesuksesan sebuah lembaga.

Program adiwiyata menuntut semua komponen dalam lembaga hafal dan paham akan visi-misi. Seluruh siswa SDN Borobudur 1 sebagai bagian terbesar di SDN Borobudur 1 dituntut hafal dan paham akan visi SDN Borobudur 1.

Motivasi siswa untuk menghafal visi dan misi tergolong rendah. Guru SDN Borobudur 1 mencari cara agar siswa bersemangat menghafal visi dan misi. Ada sebuah ide agar setiap siswa mau menghafal. Caranya dengan menyelenggarakan perlombaan menghafal visi dan misi.

Perlombaan ini dilakukan seusai pawai peduli lingkungan. Siswa yang menjadi perwakilan kelas wajib naik ke atas panggung. Siswa tanpa teks dan tulisan mengucapkan visi dan misi yang telah dihafalkan sebelumnya.

Beberapa guru dan perwakilan wali murid menjadi juri dalam lomba menghafal visi dan misi ini. Walau judulnya menghafal, namun siswa juga diberi pertanyaan kritis mengenai pengejawantahan visi dan misi SDN Borobudur 1.

Evaluasi program lomba menghafal visi dan misi ditemukan bahwa 80% siswa SDN Borobudur 1 berhasil menghafal visi dan misi dengan baik. Ada juga siswa yang bisa menjelaskan dengan detail tentang apa saja yang harus dilakukan agar visi misi dapat terwujud.

Hafalan visi dan misi SDN Borobudur 1 rencananya akan dilakukan setahun sekali. Harapannya semakin hari semakin banyak siswa yang hafal. Setelah hafal, siswa dapat memahami dan berkontribusi secara langsung dalam pewujudan visi dan misi SDN Borobudur 1.

Comments

Baca Juga