Skip to main content

Featured Post

Profil Rahma Huda Putranto

Rahma Huda Putranto, S.Pd. adalah Duta Baca Kabupaten Magelang yang   lahir di Magelang, pada tahun 1992, lulus dengan predikat cumlaude dari Jurusan S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang tahun 2014. Kini sedang menempuh Program Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Penulis pernah bekerja sebagai guru di SD Muhammadiyah Borobudur. Kemudian mendapat penempatan di SDN Giripurno 2 Kecamatan Borobudur sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018 mendapat tugas baru di SD Negeri Borobudur 1. Alamat tempat tinggal penulis berada di dusun Jayan RT 02 RW 01, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, penulis dapat dihubungi melalui email r_huda_p@yahoo.co.id. Penulis pernah mengikuti program Latihan Mengajar di Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia selama 3 bulan pada tahun 2013. Penulis meraih peringkat ke-2 tes CPNS Kabupaten Magelang tahun 2014. Ket

Pawai Cinta Lingkungan

SDN Borobudur 1 tidak hanya mengajak warga sekolah untuk menjaga lingkungan. Selaras dengan kegiatan itu, SDN Borobudur 1 juga melakukan kegiatan yang mengajak masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar diajak untuk menjaga lingkungan.

SDN Borobudur 1 juga merasa bertanggung jawab terhadap keberadaan candi Borobudur sebagai bagian dari wisata internasional. Wisata internasional juga mensyaratkan lingkungan yang bersih. Oleh karenanya SDN Borobudur 1 melakukan inisiatif agar masyarakat juga turut serta menjaga lingkungan.

SDN Borobudur 1 mencetuskan ide membuat kegiatan pawai peduli lingkungan. Pawai peduli lingkungan diikuti oleh semua siswa SDN Borobudur 1 dari kelas 1-6. Ada juga guru dan beberapa wali siswa yang mengkuti kegiatan ini.

Dengan didampingi guru dan orang tua, siswa SDN Borobudur 1 membawa poster ajakan menjaga kebersihan lingkungan. Poster ajakan dibuat oleh siswa secara mandiri. Poster dibuat di atas kertas yang diberi tongkat panjang sebagai pegangan.

Poster kemudian dibawa siswa berpawai melalui jalanan protokol Borobudur. Ada juga beberapa poster dibagikan kepada warga yang berada di pinggir jalan. Warga sekitar terlihat senang atas pemberian poster ini.

Rahma Huda Putranto, guru SDN Borobudur 1 menyatakan kalau penyerahan poster ini menjadi pengingat agar warga di sekitar candi Borobudur juga turut serta menjaga lingkungan. Hal ini didasari pada kesadaran bahwa usaha menjaga lingkungan tidak bisa dilakukan seorang diri atau satu pihak saja.

"Kegiatan ini menjadi salah satu media untuk melatih siswa agar peduli terhadap lingkungan. Terutama mendukung Borobudur sebagai objek wisata internasional," kata Ninik Supriyati Tiyas Winarsih selaku Kepala SDN Borobudur 1.

Kegiatan pawai cinta lingkungan menjadi salah satu agenda SDN Borobudur 1 menjadi Sekolah Adi Wiyata. Selain pawai, ada juga kegiatan perlombaan menghias kelas, mengahafal visi-misi sekolah, dan pameran karya siswa dari barang bekas.

Farros, siswa kelas 3 SDN Borobudur 1 mengaku senang dan akan selalu mengingatkan orang-orang di sekitarnya untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Comments

Baca Juga